Senin, 12 Juni 2017

Weekly Tips: Pentingnya Merendam Ikan dalam Bumbu Sebelum Digoreng


Ikan adalah salah satu protein hewani yang kaya akan gizi. Kandungan protein dalam ikan kadarnya jauh lebih tinggi dari protein pada kacang-kacangan, setara dengan daging namun sedikit lebih rendah dari telur. Tidak heran kalau ikan menjadi menu favorit di seluruh dunia.

Ikan biasanya diolah dengan cara digoreng, dibakar, dibuat sayur, pepes, presto dan lain sebagainya. Namun biasanya ada satu hal yang seringkali dilupakan oleh para ibu terkait mengolah ikan. Yaitu perkara membumbui.

Untuk menghilangkan bau amis pada ikan, penting halnya menggunakan perasan jeruk nipis. Namun terlalu lama merendam ikan dalam air jeruk nipis akan membuat ikan menjadi matang. Matang dalam artian siap dimakan layaknya sashimi. Jadi lebih baik jangan terlalu lama saat merendam ikan segar dalam air jeruk nipis.

Namun sebaliknya, jangan terlalu sebentar saat merendam ikan dalam bumbu halus sebelum proses pengolahan. Durasi yang terlalu singkat saat merendam ikan dalam bumbu akan membuat bumbu tidak meresap sempurna. Alhasil ikan akan terasa hambar ketika disajikan. [TIM DEM]


Sumber foto: freshfishovernight.com 

**Weekly Tips adalah projek Dapur Ernesto Management yang khusus membahas tentang tips-tips seputar kuliner, makanan, dan sebagainya yang berhubungan dengan dapur. 

0 komentar:

Posting Komentar