Senin, 17 Juli 2017

Weekly Tips: Tips Mudah Membedakan Tepung Maizena, Terigu & Tapioka


Sama-sama putih, sama-sama bertekstur lembut. Lalu bagaimana cara membedakan antara Tepung Maizena, Terigu dan Tapioka? 

Di sini Dapur Ernesto Management akan memberikan sedikit ulasan tentang cara membedakan tiga jenis tepung dengan mudah untuk para pemula. 

Kira-kira bagaimana sih cara membedakan tiga jenis tepung tersebut, dan apa kefungsiannya?

Tepung Terigu: Merupakan tepung yang dibuat dari biji gandum dengan tekstur putih yang sangat berbeda dengan tepung gandum. Karakteristik dari tepung ini sendiri mengandung gluten dan bisa menahan gas serta bersifat elastis, yang membuat tepung jenis ini sering dipakai dalam pembuatan roti. Ada tiga tingkat protein dalam tepung terigu, yakni protein tinggi, sedang dan rendah. Untuk tepung terigu dengan kadar protein tinggi sangat cocok digunakan dalam pembuatan roti dan mie. Sementara tepung terigu dengan kadar protein sedang bisa dipakai sebagai bahan dasar pembuatan biscuit, pastry, cake, pie dan donat. Untuk protein berkadar rendah sendiri cocok untuk wafer dan gorengan. 

Tips: Pilihlah tepung terigu yang berwarna agak krem, karena itu artinya tepung tersebut tidak mengalami pewarnaan putih (bleached).


Tepung Maizena: Merupakan tepung yang dibuat dari jagung. Yang membedakan dari Terigu adalah warnanya. Maizena memiliki warna yang lebih pucat dan keruh dari Tepung Terigu. Biasanya tepung jenis ini digunakan dalam pembuatan kue kering, puding, bubur, cake dan saus. Tidak seperti Tepung Terigu yang mengandung gluten, Maizena rupanya bebas gluten dan tidak mengandung lemak, sehingga sangat dicocok dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet.

Tips: Jika ingin membuat kentang goreng yang renyah, tambahkan sedikit Tepung Maizena usai kentang direndam dalam bumbu. Maizena akan menyerap kelembapan di dalam kentang sehingga akan lebih renyah saat digoreng.

Tepung Tapioka: Merupakan tepung yang dibuat dari sari pati singkong. Seperti halnya Maizena, tepung ini tidak mengandung gluten. Sehingga cocok sekali bagi Anda yang menderita Coeliac Diseases khususnya Anda yang tidak bisa bertoleransi dengan gluten. Tapioka memiliki tekstur yang sangat lembut dan kesat sehingga sulit untuk digenggam dalam keadaan kering serta menimbulkan bunyi saat diremas. Tepung yang kerap disebut tepung kanji ini juga tidak akan larut dengan air bersuhu normal, harus air yang mendidih jika Anda ingin melarutkannya. 

Tips: Jika ingin menggoreng makanan berbahan Tepung Tapioka, Anda harus menggorengnya sebanyak dua kali. Karena Tapioka memiliki karakteristik yang kurang bersahabat dengan minyak panas sehingga hasilnya cenderung tidak renyah, mudah gosong dan cepat mlempem. [Tim DEM]

Sumber foto: Barkeley Wellness

0 komentar:

Posting Komentar