Selasa, 06 Juni 2017

Weekly Tips: Cara Mudah Makan Nanas Tanpa Takut Lidah Gatal


Imej nanas yang kata orang bikin gatal di lidah dan dinding mulut pun menjadikan nanas sebagai buah yang layak untuk dicurigai. “Hati-hati, nanti lidahmu gatal”. Sebenarnya, efek gatal pada lidah setelah makan nanas itu bukan karena getah. Efek gatal ini dipicu oleh kandungan enzim dalam nanas yang bernama enzim bromelain. Enzim Bromelain sendiri adalah enzim proteolitik yang ditemukan pada bagian buah dan batang nanas. Bromelain ini tidak berbahaya kok, justru memiliki segudang manfaat seperti contohnya mampu menjaga kesehatan jantung karena ia mampu mengurangi pembentukan abnormal pada bekuan darah sekaligus mengurangi terjadinya plak di arteri.

Tapi memang efek enzim ini sanggup membuat kita merasa tidak nyaman karena rasa gatal di lidah. Namun, ada kok caranya agar nanas yang kita konsumsi tidak memberikan efek gatal pada lidah dan mulut. Seperti dengan memanaskan nanas agar enzim bromelain hilang.

Tapi bagaimana kalau seandainya kita terlalu malas melakukannya dan ingin praktis? Ada cara yang lebih praktis selain dengan memanaskan. Cukup siapkan baskom dengan air yang telah dicampuri dengan garam dapur lalu rendam nanas beberapa saat. Cara ini efektif mampu membuat nanas tidak lagi menimbulkan rasa gatal di lidah. Jangan khawatir kalau nanas akan terasa asin, justru karena menggunakan garam dapur, nanas yang semula terasa asam akan berubah menjadi manis.

Masih takut makan nanas karena efek gatal di lidah? Semoga artikel ini bermanfaat. [Tim DEM]

sumber foto: Pinterest


**Weekly Tips adalah projek Dapur Ernesto Management yang khusus membahas tentang tips-tips seputar kuliner, makanan, dan sebagainya yang berhubungan dengan dapur. 

0 komentar:

Posting Komentar